Pantai Banyu Tibo - Wisata pantai pacitan Banyu Tibo Pacitan Jawa TImur Pantai banyu tibo – tidak sedikit dianggap wisatawan punya k...

Pantai Banyu Tibo - Wisata Pantai Pacitan Jawa Timur

Pantai Banyu Tibo - Wisata pantai pacitan
Pantai Banyu Tibo - Wisata pantai pacitan


Banyu Tibo Pacitan Jawa TImur

Pantai banyu tibo – tidak sedikit dianggap wisatawan punya keindahan yang menarik dan tiada duanya sebab sungguh tak akan dapat kalian temukan di pantai-pantai lainnya di pacitan, bahkan di pulau jawa. Ada banyak pantai indah menghiasi wilayah kabupaten yang berlokasi di provinsi jawa timur tersebut. Pemerintah setempat juga tengah giat mempromosikan tempat wisata tersebut. Salah satu pantai punya keistimewaan yang jarang ditemui di daerah lain ialah pantai banyu tibo di desa widoro, kecamatan donorojo.
Berjarak 45 km dari pusat kota pacitan, desa ini dekat dengan perbatasan antara jawa timur dan jawa tengah. Pantai ini disebut banyu tibo sebab dalam bibir pantai tersedia air terjun yang langsung bermuara ke laut. Banyu pada bahasa jawa berarti air sedangkan tibo berarti jatuh. Pendek kata, banyu tibo berarti air yang jatuh. Pantai ini berada dalam ujung sempit dari garis pantai yang diapit oleh jurang karang. Kondisi geografisnya yang menarik itu membuat tidak sedikit wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikan keindahan panorama laut yang langsung berhadapan dengan samudera hindia ini. Air yang terjun ke pantai itu bermula dari sumber mata air bawah tanah yang berlokasi di pegunungan karst di utara desa. Oleh sebab itulah rasa air itu tawar dan para wisatawan bisa dengan bebas menikmati kesejukan curah air terjun itu di atas pasir pantai. 


Pantai Banyu Tibo - Wisata pantai pacitan
Pantai Banyu Tibo - Wisata pantai pacitan

Keistimewaan lainnya, air terjun ini tidak pernah kering maupuan ketika musim kemarau panjang. Pantai banyu tibo berlokasi di desa widoro, kecamatan donorojo, kabupaten pacitan, jawa timur pas untuk traveler yang ingin menyendiri. Sebab, pantai ini sungguh tak se-terkenal pantai-pantai lainnya di pacitan, akan tetapi bukan berarti keindahan pantai ini dapat dilewatkan begitu saja. Posisi pantai banyu tibo yang sedikit tersembunyi membuatnya tak terlalu ramai dikunjungi wisatawan.
Keindahan pantai dengan laut berwarna biru ini berlokasi dalam keberadaan air terjun yang mengalir langsung ke pantai berpasir putih. Untuk mencapai pantai banyu tibo, apabila dari jakarta dapat dilalui dengan naik kereta api atau bis. Naik kereta senja ekonomi dari stasiun senen atau jatinegara ke jurusan solo, turun di stasiun solo balapan. Dari stasiun solo balapan perjalanan ke pacitan dilanjutkan dengan naik bis dari terminal tirtonadi solo. Waktu tempuh solo-pacitan sekira 4-5 jam apabila perjalanan lancar. Jika pilihannya naik bis kalian dapat naik bis langsung ke pacitan dari terminal pulogadung, jakarta. Atau naik bis jurusan wonogiri lalu dilanjutkan ke pacitan.
Kombinasi pemandangan pasir halus, laut, dan biru langit, dikatakan akan membuat para turis betah berlama-lama di pantai ini. Namun, sebab pantainya berlokasi di bawah tebing yang curam, butuh usaha lebih untuk kalian yang ingin menikmati pasirnya atau berenang di pantai banyu tibo. Kalian mesti berhati-hati ketika menyusuri jalur sempit dan licin, kemudian turun menggunakan tangga untuk mencapai pantai tersebut.
Untuk bisa merasakan keindahan pantai banyu tibo dengan lebih baik, lebih baik kalian berkunjung dalam musim kemarau, ketika ombak tidak besar, sehingga aman untuk turun ke pantai dan berenang di sana. Apabila ombak besar, kalian kemungkinan sekedar dapat menyaksikan pemandangan dari atas tebing sebab akan berbahaya apabila turun ke pasirnya.

Alamat dan Lokasi Pantai Banyu Tibo Pacitan Jatim

Lokasi Pantai Banyu Tibo beralamat di Ds Widoro, Kec Donorojo, Kab Pacitan, Jawa Timur. Keberadaan air terjun yang langsung jatuh ke laut menyuguhkan pemandangan unik tersendiri yang membuat Pantai Banyu Tibo sebagai obyek wisata pantai yang sangat istimewa.


Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo Pacitan 

Pengunjung yang akan masuk ke kawasan wisata Pantai Banyu Tibo akan dikenai harga tiket masuk. Harga tiket masuk Pantai Banyu Tibo pada hari biasa sebesar Rp 3.000 untuk dewasa, dan Rp 2.000 untuk anak-anak.
Sedangkan di hari libur atau akhir pekan, harga tiket masuk ke Pantai Banyu Tibo sedikit lebih mahal yaitu Rp 5.000 untuk dewasa, dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Sangat terjangkau bukan?

Pantai Banyu Tibo - Wisata pantai pacitan
Pantai Banyu Tibo - Wisata pantai pacitan

Fasilitas Pantai Banyu Tibo

Terlebih lagi, di Pantai Banyu Tibo ini sudah tersedia sejumlah fasilitas yang akan menunjang kenyamanan pengunjung selama berwisata. Beberapa fasilitas yang tersedia antar lain Area Parkir, toilet, ruang ganti, warung makan, dan banyak lagi fasilitas lainnya.


0 komentar: