Pantai pacitan jawa timur Pacitan merupakan salah satu kabupate di Provinsi Jawa Timur dengan segudang macam jenis pantai yang unik dan b...

Wisata 4 pantai pacitan dalam 1 hari ! apa bisa ?

Pantai pacitan jawa timur

Pacitan merupakan salah satu kabupate di Provinsi Jawa Timur dengan segudang macam jenis pantai yang unik dan berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Bahkah dalam satu hari, kita dapat mengunjungi beberapa pantai sekaligus, apakah memungkinkan, ya tentu, karena deretan pantai di bawah ini letaknya tidak terlalu jauh saling berdekatan. 
Nah apa saja nama pantainya, berikut penjelasannya :

1. Pantai Banyu Tibo Pacitan

pantai banyu tibo @pantaibanyutibo

Keindahan pantai di pacitan dimulai dari sebelah baratnya, yakni pantai banyu tibo. Pantai yang berlokasi di desa widoro, kecamatan donorojo ini adalah salah satu pantai sangat barat pacitan. Pantai ini juga punya ciri tersendiri tersendiri. Perbedaan tersebut tersurat dari nama "pantai banyu tibo" yang berarti “pantai air terjun”. Sesuai namanya, tersedia air terjun yang mengalir pas di pantai pasir putihnya. Wisatawan dapat turun ke bawah dan menikmati kesejukan air terjun sembari berpijak di atas pasir yang lembut. Di sana, wisatawan juga dapat membersihkan diri setelah bermain air laut. Layanan di pantai banyu tibo juga telah lengkap lengkap. Di sana ada toilet, kamar mandi, sampai warung makan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Wisatawan dikenakan harga rp 10. 000 untuk masuk ke pantai banyu tibo.

2. Pantai Buyutan Pacitan

Pantai buyutan @pantaibuyutan

Pantai buyutan juga berlokasi di desa widoro, kecamatan donorojo. Pantai ini berlokasi di sebelah timur pantai banyu tibo. Sebelum sampai pinggir pantai, wisatawan akan disuguhkan oleh keindahan panorama pantai dari ketinggian berupa bentangan pasir putih yang memanjang. Suasana pantai di tengah bentangan pasir putih pantai buyutan seolah membuat tidak ingin pulang. Begitu sampai di pinggir pantai, air laut serasa memanggil. Saat berjalan menyusuri pantai ini, pandangan mata tak lepas dari gugusan batu karang yang turut menghias panorama. Di sana ada, salah satu batu karang tersebut berbentuk menarik bagai mahkota. Masyarakat setempat menamainya “watu narada” atau “batu narada” sebab mirip mahkota dewa narada, salah satu tokoh dalam pewayangan jawa. Lapangnya bentangan pasir putih pantai buyutan juga membuatnya pas digunakan menjadi lokasi berkemah. Layanan pendukung wisata di pantai ini juga lengkap lengkap, mulai dari warung makan, toilet, sampai kamar mandi. Apabila ingin datang ke pantai buyutan, kemudian kalian lengkap membayar tiket masuknya sebanyak rp 10. 000 saja.

3. Pantai Klayar

@pantaiklayarpacitan
Seterusnya ada pantai klayar yang sekarang sebagai tempat wisata andalan pacitan. Pantai ini berlokasi di desa sendang, kecamatan donorojo. Bentangan garis pantai berpasir putih berpadu dengan empasan ombak samudera hindia terlihat begitu eksotis di pantai klayar ini. Satu hal yang spesial di pantai ini ialah tersedia batu karang yang berbentuk bagai sphinx di mesir. Beberapa orang menyebut batu karang tersebut menyerupai kapal selam. Wisatawan dapat merasakan keindahan pantai klayar dari bukit di sebelah timurnya. Dari sini, tersedia satu pemandangan unik, yakni seruling samudera. Seruling samudera ialah pancuran air laut alami dari ombak yang masuk ke sela-sela batu karang. Tentang fasilitas, pantai klayar sungguh yang terlengkap. Selain tersedia warung makan, toko suvenir, toilet, dan kamar mandi. Wisatawan juga dapat menjelajahi garis pantai dengan menyewa atv. Kalian sekedar perlu membayar rp 10. 000 untuk membeli tiket masuk ke pantai klayar di pos retribusi.

4. Pantai Ngiroboyo

Pantai ngiroboyo

Lokasi wisata pesona ngiroboyo ialah salah satu lokasi wisata yang berlokasi di dusun sambi, desa sendang kecamatan donorojo. Pantai ngiroboyo adalah salah satu pantai yang ada di pacitan yang punya perbedaan tersendiri ialah adanya pasir hitam yang mendominasi beberapa besar pantai. Setidaknya ada enam layanan wisata yang dapat kalian dapatkan di lokasi wisata peson ngiroboyo, yakni panorama pantai, menyusuri sungai dengan perahu besar, merasakan perahu kecil, bermain river tubing, berkemah dan untuk pecinta surfing, ombak besar pantai ngiroboyo dapat digunakan untuk berselancar untuk kalian yang gemar berselancar. Pantai ngiroboyo sendiri, saat terpapar sinar matahari, pasir hitam itu nampak berkilauan, apalagi setelah tersapu ombak laut. Tak berlebihan apabila pantai ini diibaratkan bagai mutiara hitam, tak begitu mencolok, tetapi menyimpan pesona yang luar biasa. Pantai ngiroboyo sendiri letaknya sebenarnya tak terlalu jauh dari pantai klayar. Dari pertigaan masuk pantai klayar, ambil jalan yang lurus dan sekitar setengah kilometer akan ketemu pertigaan dengan penunjuk rute ke pantai ngiroboyo. 

Ikuti terus jalan yang masih berupa jalan makadam, ikuti juga penunjuk arahnya kemudian akan sampai pantai ngiroboyo. Selain layanan utama berupa kapal besar, pengelola juga menyediakan layanan tambahan yakni perahu kecil kapasitas 1 penumpang sebesar 4 unit dan river tubing sebesar 24 unit. River tubing sendiri sekarang dapat dinikmati apabila kalian ingin merasakan sensasi sendiri bermain ban besar di hulu sungai dengan kedalaman sekitar 4 sampai 6 meter. Sementara layanan perahu kecil juga dapat kalian nikmati apabila kalian ingin menikmati sensasi mendayung perahu sendiri. Perahu kecil itu disewakan pengelola setempat dengan harga sewa rp 25 ribu/jam. Sementara river tubing dapat kalian dapatkan dengan sewa rp 10 ribu/jam.

0 komentar: